KEN JAGATPARAHITA

Jujur, Tertib, Sopan

Creation Home News Travel

Mencari Sompil di Saluran Irigasi

Juru Catat Kenjagatparahita.ID, PapaKen

KENJAGATPARAHITA.ID, BANTUL – Ken Jagatparahita mengajak papa mencari sompil di saluran irigasi dekat rumah, Sabtu (23/11/2019). Entah apa yang dipikirkan Ken saat itu, hingga tercetus ide mencari sompil.

Sompil ini semacam siput sungai. Warnanya hitam, kecil. Bentuk cangkangnya kerucut. Binatang ini banyak ditemui di sungai.

“Pa ayo mencari keong yang kecil itu di kali. Yang pernah aku lihat dulu itu lho,” katanya.

“Ooo.. itu tho. Itu namanya sompil. Dulu waktu kecil papa juga sering cari sompil di kali lho,” jawab papa.

Akhirnya papa menemani Ken mencari sompil. Ken membawa akuarium mini, yang dulunya dipakai untuk kura-kura. Tak lupa, Ken juga bawa jaring kecil untuk mengambil sompil.

Lokasi mencari sompil ini di saluran irigasi persawahan tak jauh dari rumah. Ken dan papa cukup berjalan kaki untuk sampai ke tujuan. “Pa.. itu ada,” tunjuk Ken, memberitahu papa.

“Ya sudah, kamu ambil. Turun saja, Ken,” jawab papa mengarahkan agar Ken berani turun ke irigasi sawah mengambil sompil.

Ken tampak menikmatinya. Dia menyisir saluran irigasi untuk memungut sompil-sompil yang berserakan di sana. “Papa aku dapat yang besar,” teriak Ken.

“Ken sudah dapat berapa? gak usah banyak-banyak ya,” jawab papa.

“Iya, dua lagi ya,” balas Ken.

Ken lantas meneruskan pencarian sompilnya. Dia pungut dua sompil lagi, lalu segera mengakhiri perburuan sompil. “Dah, ayo pulang,” ujarnya.

Sompil yang diperoleh Ken ini rata-rata kecil. Hanya ada satu yang besar. Tetapi sompil yang diperoleh tak semuanya punya cangkang kerucut. Malah mirip kayak keong. Duh, papa jadi bingung jadinya. Ini sompil apa keong ya? hehehehee.. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *