KEN JAGATPARAHITA

Jujur, Tertib, Sopan

Creation Friends Home News School

Juara Harapan II Lomba Mewarnai di Acara HUT ke-1 SD Pedagogia

Juru Catat Kenjagatparahita.ID, PapaKen

KENJAGATPARAHITA.ID, YOGYA -Seminggu menjelang lomba mewarnai, Ken Jagatparahita sudah kelihatan tak sabar. Setiap hari selalu bertanya “kurang berapa hari lagi lomba mewarnainya”.

Kamis, 21 Februari 2019, SD Pedagogia Yogyakarta menggelar lomba mewarnai. Lomba ini menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-1. Kebetulan, Ken sekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) Pedagogia.

Kebijakan sekolah, semua siswa TK ikut memeriahkan lomba mewarnai. Selain itu, juga ada peserta lomba mewarnai dari TK lain.

“Pa, belikan aku crayon. Punyaku yang di sekolah sudah patah-patah,” kata Ken kepada papanya.

Ken pengin waktu lomba mewarnai crayon-nya baru. Papa pun menyanggupi. Ken senangnya bukan main. Dia sungguh senang sekali mau ikut lomba mewarnai.

Ngobrol ngalor-ngidul sama Ken akhirnya papa memutuskan mengajaknya jalan keluar. Kebetulan waktu itu papa lagi libur.

Mau keluar ke mana sebenarnya tidak jelas. Papa tak ada ide. Ken juga tak ada. Awalnya mau ke mal, tapi gak jadi. Kemudian mau ke swalayan, batal.

Papa pun nyeletuk “Ken main ke rumah Mbah Putri saja yuks.”

“Ayo,” jawab Ken.

Awalnya papa hanya bercanda. Tak mungkin rasanya ke Mbah Putri karena sudah pukul 13.00 WIB. Sementara, Ken harus sekolah keesokan harinya.

Rasanya tak mungkin juga main ke Mbah Putri tak menginap. Rumahnya jauh, khawatir Ken capai.

“Ayo gak papa. Nanti langsung pulang gak papa. Katanya tadi ngajak, kok gak jadi. Saya itu tak suka kalau aku sudah bilang mau, terus gak jadi,” katanya.

Mendengar Ken bilang seperti itu, papa pun merasa bersalah. Akhirnya papa mau ke rumah Mbah Putri. Kebetulan mama juga sepakat.

Tak menunggu waktu lama, Ken sekeluarga pun ganti baju dan langsung tancap gas ke rumah Mbah Putri di Klaten, Jawa Tengah.

Dua jam perjalanan. Menyusuri jalan raya Yogyakarta-Solo waktu itu tak terasa lama. Akhirnya tiba juga di rumah Mbah Putri.

Sebelum ke rumah Mbah Putri, Ken ngajak mampir ke swalayan setempat. Main game dan membeli crayon. Cuma enam jam doang di rumah mbah, Ken balik lagi ke Yogya.

Crayon yang dibeli di swalayan dekat rumah Mbah Putri inilah yang dipakai Ken lomba mewarnai. Alhamdulillah, semangat Ken membuahkan hasil. Ken menyabet juara harapan II.

Lumayan, meskipun juara harapan, tetapi Ken satu-satunya siswa TK Pedagogia yang memperoleh piala kemenangan lomba mewarnai itu.

Ken senang sekali. Ken pun mengajak papa. Ken action memegang piala. Dia senang sekali. Rasanya bangga. Itu capaian Ken sudah bagus sekali.

Mewarnai kali ini Ken ternyata sempat belajar. Jadi, beberapa hari menjelang lomba mewarnai, Ken belajar sendiri dari Youtube.

Dia melihat tutorial mewarnai. Dia belajar teknik degradasi warna. Teknik inilah yang dipakainya ketika lomba mewarnai. Dan… membuahkan hasil juara harapan II.

“Ken kok kamu bisa mewarnai degradasi,” tanya gurunya.

‘Iya.. Saya belajar. Saya nonton di Youtube,” jawabnya.

Tidak sia-sia penantian Ken Jagatparahita. Tak sia-sia pula dia beli crayon jauh sekali, sampai Klaten, Jawa Tengah.

Ken sudah menunjukkan kemampuan dan semangat juaranya. Teruslah belajar, Ken. Raih segala mimpi-mimpimu! (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *