KEN JAGATPARAHITA

Jujur, Tertib, Sopan

Creation Friends Home News

Tema Unicorn di Ulang Tahun ke-6

Juru catat KenJagatparahita.ID, PapaKen

KENJAGATPARAHITA.ID, BANTUL – Entah kenapa Ken Jagatparahita memilih tema Unicorn di hari ulang tahun ke- 6 kelahirannya. Dia minta dibelikan baju unicorn. Kue ulang tahun unicorn. Kado pun minta tema unicorn.

Unicorn adalah kuda yang punya sebuah tanduk di tengah dahinya. Jika tanduknya dicelupkan ke dalam air, dipercaya air tersebut bisa menawar racun dan menyembuhkan berbagai penyakit. Unicorn akan segera melarikan diri jika melihat manusia.

Namun akan jinak jika didekati seorang perawan, bahkan bisa ditangkap olehnya. Unicorn adalah mahluk imajinasi, meski sebagian orang ada yang mempercayai keberadaannya sampai saat ini.

Unicorn populer dijadikan lambang para ksatria dan kebangsawanan Eropa karena memiliki makna simbolik yang baik yakni kekuatan, kehormatan, dan kesetiaan.

Tiga hari menjelang hari kelahirannya, Ken terlihat sangat bahagia. Dia tak sabar hari segera Jumat, 8 Februari 2019. Dia ingin menyambut hari kelahirannya. Dirinya sudah tidak lagi golongan Balita. Dia merasa sudah beranjak lebih dewasa.

“Pa aku mau ulang tahun kan, tiga hari lagi?,” katanya.

Papa hanya menanggapi dengan senyuman. “Hehehehehehe… kok kamu tahu,” jawabnya.

Papa dan mama memang sengaja tak memberi tahu agar Ken tak kepikiran. Tapi papa dan mama sudah memikirkannya. Papa dan mama sempat bingung. Kalau mau dirayain, bagaimana konsep yang sederhana.

Papa sempat bilang sama Ken, tak usah dirayakan. Cukup tiup lilin sama papa mama, kemudian makan bersama di rumah makan mana yang enak. Tapi.. Ya begitulah. Tiba-tiba Ken punya acara sendiri.

Dia bilang ke teman-temannya. Teman perumahan maupun teman sekolah. Papa dan mama sempat terperangah. Sampai-sampai, papa dan mama beli kue ulang tahun dua.

Satu kue bertema unicorn untuk ditiup di hadapan teman-teman belajar ngaji. Jadi, papa dan mama harus pesan khusus roti tema unicorn sesuai pesanan Ken.

Dan, satu kue lainnya buat ditiup pagi hari, bangun tidur. Karena yang satu ini tak ada waktu pesan, maka harus beli yang sudah jadi. Mama pilih tema kue Princes untuk ditiup pagi hari, bangun tidur.

“Pa aku minta kado yang banyak ya,” pinta Ken.

“Iya, nanti aku belikan kado. Tapi gak usah minta kado teman-temanmu ya. Kalau dikasih boleh, tapi kamu tak meminta,” pesan papa.

Akhirnya papa dan mama pun menyiapkan lebih dari 10 bingkisan kado. Macam-macam. Ada alat tulis, buku, hingga mainan kesukaannya. Dia senang sekali.

“Aku pas ulang tahun tiup lilin sama teman-teman ngaji ya,” mintanya.

Ken setiap Jumat memang ikut belajar mengaji di perumahan. Kebetulan, hari ulang tahunnya pas Jumat. Papa dan mama pun menyiapkan acara berbagi buat teman-teman Ken. Merayakan ulang tahun bersama temannya, cukup sederhana.

Acara Jumat sore, selesai belajar ngaji. Tiup lilin ulang tahun digelar di rumah Ken. Cuma tiup lilin kue ulang tahun tema unicorn, ucapan selamat ulang tahun, dan berbagi. Ken sudah sangat senang sekali. “Pa, tadi aku agak malu, tapi seneng,” katanya kepada papa.

Sore itu, pas Ken bersama teman-temannya merayakan ulang tahun, papa memang tak ada di rumah. Jumat sore papa ada tugas kantor, jadi tak bisa menemani Ken. Sebagai gantinya, papa mengajak Ken dan mama makam malam bersama di rumah makan langganan keluarga.

Ken, papa, dan mama bercanda di rumah makan. Ken dan papa bermain ular tangga, monopoli, hingga monyet-monyetan. Sambil nyamil kentang goreng, jamur krispi, roti susu. Ken minum cokelat panas dan air mineral. Papa es temulawak, dan mama es dawet. Sederhana, dan bahagia bersama Ken.

“Selamat Ulang Tahun, Ken. Jadilah dirimu sendiri! Semoga Tuhan menuntunmu, diberikan kesehatan dan keselamatan. Aamiin.” (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *