KEN JAGATPARAHITA

Jujur, Tertib, Sopan

Home News Travel

Bermain Satwa Liar di Tengah Hutan 

HUTAN – Ken Jagatparahita berada di hutan jati, kawasan Piyungan, Bantul, Minggu (22/10/2017).

Kenjagatparahita.Id, PapaKen

KENJAGATPARAHITA.ID, BANTUL – Ini kali kedua Ken main ke hutan. Dia membawa mainan binatang buas, antara lain, harimau, serigala, dan singa. Siswi Pedagogia Yogyakarta itu juga melengkapi rumah-rumahan dan dua manusia plastik bernama Jamur dan kakaknya (belum bernama). Bermain satwa liar di tengah hutan ternyata tampak keren.

Ini bukan hutan rimba. Perempuan manis bernama lengkap Ken Jagatparahita itu bermain di kebun jati, kawasan perbukitan yang membentang di kawasan Piyungan, Bantul. Kakeknya, Mbah Basir, kebetulan punya tanah di perbukitan yang ditanami pohon jati.

Kanan kiri perbukitan itu penuh pohon jati, sonokeling, dan aneka pohon lainnya. Saking luasnya lokasi itu, situasinya mirip hutan. Jalan-jalan ke hutan jati ini suasananya cukup menyenangkan. Udaranya sejuk, tetapi banyak nyamuk.
Krim antinyamuk membantu Ken sekeluarga lolos dari gigitan hewan peminum darah itu.

“Pa aku capai. Gendong,” kata Ken saat perjalanan menuju lahan kakek masih separo perjalanan.

Papa akhirnya membopong Ken sekuat tenaga. Kalau papa capai, Ken turun. “Sini tak gendong,” ungkap papa setelah melihat Ken kelelahan.

Ken berangkat ke hutan barsama papa dan mama. Bekal air putih sangat penting sekali untuk menghilangkan dahaga. Ken bawa air putih di botol minumnya, sedangkan papa mama membawa dua gelas air putih kemasan. “Bawa air putih itu,” pesan nanek Ida kepada papa menjelang keberangkatan menuju hutan.

Hutan ini tak jauh dari rumah simbah, sekitar sepuluh menit mengendarai sepeda motor. Papa mama mengajak Ken masuk hutan lagi dalam rangka survei lokasi. Siapa tahu suatu saat nanti bisa memberikan nilai manfaat berlebih.

Perjalanan Ken sudah sekitar 30 menit. Ken sekeluarga sudah sampai di ujung jalan setapak dekat perkarangan simbah di tengah hutan jati. Kaki terus melangkah menuju lokasi yang hendak dituju papa mama. Tak terasa sampai juga di area perkarangan simbah. Di lokasi ini, Ken mengeluarkan mainan satwa liar, rumah, dan dua manusia ‘kakak beradik’ dari dalam tas.

Ken sibuk bermain, sesekali mengajak papa menjadi partner dalam seni peran satwa-satwaan. Ken semangat bermain di atas batu besar. Saking semangatnya, beberapa kali mainannya jatuh. Papa mama bergantian mengambilkan.

Ken sekeluarga dua jam menghabiskan waktu di hutan. Tak terasa azan Zuhur berkumandang dari beberapa masjid di sekitar hutan. Papa mama mengajak pulang Ken ke rumah kakek. Kebetulan, papa ada janji ketemu tetangga di rumah simbah. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *